Manchester United 2-2 Chelsea

Author
Published 15:20
Manchester United 2-2 Chelsea

Chelsea akhirnya mampu bangkit di babak kedua sehingga memaksa pertandingan berakhir imbang 2-2 kontra Manchester United di babak perempat-final Piala FA di Old Trafford, Minggu (10/3) malam WIB.

Dengan hasil ini, kedua tim akan melakoni pertandingan ulangan di Stamford Bridge.

The Red Devils mampu unggul dua gol di babak pertama melalui aksi Javier Hernandez dan Wayne Rooney, namun The Blues mampu merespon dengan aksi comeback di babak kedua lewat gol yang dicetak Eden Hazard dan Ramires.

Babak Pertama

Chelsea langsung mengancam di menit-menit awal babak pertama ini. Demba Ba menerima umpan bola panjang dari kiper Petr Cech, yang dilanjutkan dengan sepakan keras, namun bola masih menyamping di sisi gawang United yang dijaga David De Gea.

United tidak mau kalah.  Giliran Cech yang harus mati-matian untuk mengamankan gawangnya dari gempuran, yang dilakukan Shinji Kagawa pada menit ketiga.

Tuan rumah akhirnya unggul cepat satu menit berselang. Kiriman bola brilliant dari Michael Carrick mampu dimanfaatkan dengan sundulan kepala Hernandez. Ini merupakan gol keenam Chicharito dari tujuh pertandingan terakhir lawan The Blues.

Pada menit kedelapan,  Frank Lampard mengancam gawang United dengan sepakannya, namun masih membentur salah seorang pemain lawan dan menyamping ke sisi gawang. Satu menit berselang, sepak pojok Oscar mampu dimentahkan dengan sundulan kepala Jonny Evans.

United akhirnya kembali unggul pada menit ke-11. Tendangan bebas Wayne Rooney langsung mengarah ke pojok kiri gawang. Sejumlah pemain Chelsea berusaha menghalau, namun karena gagal digapai dan Cech tak memiliki peluang, bola masuk ke dalam gawang setelah sempat memantul ke tanah lebih dulu.

Empat menit kemudian, gawang De Gea nyaris kebobolan andai Rio Ferdinand tidak menghalau tendangan bebas Juan Mata yang cukup berbahaya. Beberapa saat kemudian, giliran Patrice Evra yang mampu melakukan penjagaan atas pergerakaan Vivtor Moses saat akan menerima crossing dari Mata.

Saat pertandingan sudah memasuki menit ke-23, Mata melakukan pergerakan bagus dan mengirim bola kepada Lampard, namun tendangan pemain yang kedua justru tepat mengarah pada dekapan De Gea.

Satu menit berselang, giliran pasukan Sir Alex Ferguson yang mengancam. Cech dengan sigap menghentikan sepakan keras Rooney setelah ia bermain satu-dua dengan Evra. Beberapa saat kemudian, Chicharito nyaris mencetak gol ketiga United andai sontekan dengan kaki kirinya usai menerima crossing Nani, tidak menyamping ke sisi gawang.

Saat pertandingan menyisakan tujuh menit lagi, Chelsea menciptakan peluang bagus. Moses bermain satu-dua dengan Mata. Backheel rekannya mampu diteruskan dnegan sepakan, namun masih menyamping. Satu menit berselang, Moses gagal menggapai bola crossing dari Ashley Cole karena masih terlalu tinggi.

Satu menit jelang babak pertama akan berakhir, Fergie menarik keluar Nani dan memasukkan Antonio Valencia. Pertandingan berakhir untuk keunggulan 2-0 tuan rumah.

Babak Kedua

Di awal babak kedua ini, sebenarnya United banyak mengancam pertahanan Chelsea. Salah satunya Rafael yang nyaris mendapat passing menawan dari Valencia, namun masih ada David Luiz yang memotong bola. Beberapa saat kemudian, Valencia mengirimkan bola ke tengah kotak penalti, namun bisa dihalau Luiz.

Pada menit ke-52, Chelsea mengancam lewat pergerakan Ramires yang berusaha masuk ke dalam kotak penalti, namun sepakannya masih melebar di sisi gawang. Setelah peluang ini, tampaknya pasukan Rafael Benitez mulai menikmati permainan mereka sendiri.

Pada menit ke-59, Luiz nyaris saja mencetak gol andai tendangan jarak jauhnya tidak digagalkan De Gea.

Usaha Chelsea akhirnya berbuah hasil satu menit kemudian. Mata mengirim bola secara brilliant kepada Hazard. Dari dalam kotak penalti, pemain terakhir melepaskan tendangan melengkung ke arah pojok kiri gawang, tanpa bisa dihalau De Gea.

Chelsea hanya butuh waktu tujuh menit untuk mencetak gol lagi sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Lewat skema serangan balik yang khas milik Chelsea, bola berada dalam penguasaan Ramires di dalam kotak penalti. Dengan sedikit pergerakan mengecoh, pemain asal Brasil itu melepaskan tendangan ke pojok kanan gawang, tanpa bisa digapai De Gea.

Peluang United untuk balik unggul didapat pada menit ke-75. Tendangan bebas Rooney mampu dihalau dengan sundulan kepala Luiz, dan bola kemudian mengarah kepada Robin van Persie, namun sepakan pemain yang baru masuk di babak kedua, tepatnya pada menit ke-63 itu, masih melebar di sisi gawang.

Pada 15 menit akhir babak kedua, permainan justru berada dalam kendali Chelsea. Sebuah peluang apik dimiliki Mata, tepatnya pada menit ke-82. Pemain asal Spanyol itu melepaskan tendangan dari jarak jauh, namun bola justru mengarah tepat dalam dekapan De Gea. Dua menit berselang, pemain yang baru masuk, Fernando Torres, langsung mendapat peluang dengan melepaskan tendangan ke arah gawang, namun bisa diblok Evans.

Satu menit jelang pertandingan akan berakhir, Mata memiliki peluang emas. Menerima umpan lambung dari rekannya, sang gelandang mampu mengecoh penjagaan Evans dan melepaskan sepakan ke arah gawang, namun masih ada De Gea yang melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Di masa injury time, De Gea melakukan dua penyelamatan gemilang. Yang pertama, terhadap sepakan keras Torres dari depan kotak penalti, dan yang kedua terhadap tendangan keras Eden Hazard si sisi kiri kotak penalti United.

Pertandingan pun berakhir imbang 2-2. Laga replay di Stamford Bridge akan menentukan siapa yang akan menerima tantangan Manchester City di semi-final Piala FA musim ini.

Susunan Pemain:

Manchester United Starting XI: De Gea; Rafael, Ferdinand, Evans, Evra; Nani, Carrick, Cleverley, Kagawa; Rooney, Hernandez.

Cadangan: Amos, Valencia, Anderson, Vidic, Young, Welbeck, Van Persie.

Chelsea Starting XI: Cech; Azpilicueta, Luiz, Cahill, Cole; Ramires, Lampard; Mata, Oscar, Moses; Ba.

Cadangan: Turnbull, Ivanovic, Torres, Mikel, Hazard, Terry, Bertrand.

Sumber: goal.com

[ADS] Bottom Ads

Pages

Copyright © 2021