08/05/2013

Sir Alex Ferguson Pensiun


Sir Alex Ferguson tak kuasa menahan tangis saat mengutarakan salam perpisahan dengan staf Manchester United Rabu (8/5) pagi waktu setempat.

Manajer paling sukses dalam sejarah Liga Primer Inggris tersebut akhirnya mengakhiri petualangan di Old Trafford pada tahun ke-26 dengan sumbangsih 38 trofi termasuk 13 gelar juara liga. Tak heran ungkapan ibu kota trofi Eropa merujuk pada kota Manchester.

Ferguson tiba di Carrington pukul 06:50 dan sering menerima panggilan telepon seiring semakin tingginya spekulasi pengunduran dirinya di akhir musim.

Ketika skuat utama Manchester sudah tiba untuk melakukan latihan, Ferguson langsung menggelar rapat singkat dengan para pemain dan staf senior untuk mengumumkan keputusannya.

Sesaat setelah pertemuan tersebut, sebuah sumber mengatakan para pemain terdiam dan terlihat terkejut dengan raut wajah mencerminkan beragam emosi. Ferguson adalah sosok terakhir yang keluar dari ruangan sambil menepuk punggung asisten manajer Mike Phelan.

Sekitar pukul 09.20 manajemen klub mengeluarkan pernyataan resmi melalui website. Pada saat ini Ferguson berada di dining hall di Carrington untuk berbicara dengan seluruh staf, mulai dari pelayan hingga pelatih.

Situasi digambarkan penuh keharuan dan sejak saat itu semua orang menyadari keputusan besar telah diambil.

Saat berbicara di depan dengan durasai sekitar delapan hingga sepuluh menit, beberapa kali Ferguson tersedak dan mengeluarkan air mata terutama saat mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diterimanya dari seluruh lapisan keluarga besar United.

Ferguson semakin larut dalam emosi saat mengutarakan kemungkinan beberapa orang -terutama staf teknik- bakal kehilangan pekerjaan sebagai konsekuensi dari keputusannya tersebut.

Setelah berbicara Ferguson mendapat tepuk tangan hingga keluar ruangan. Jelas tampak sekali sang manajer tak bisa menahan emosi apalagi mengingat karirnya begitu gemilang bersama United sejak mengambil alih posisi Ron Atkinson pada November 1986.

Sir Alex kemudian dijadwalkan untuk menjalani wawancara spesial dengan stasiun televisi klub MUTV pada 10.40 dan belum diketahui apakah dia akan bergabung dengan para pemain United di Chester.