4 Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Anda Di Tahun 2012

Author
Published 11:41
4 Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Anda Di Tahun 2012




dengan judul ‘Sudah Saatnya Memperbaiki Kelemahan Keamanan Facebook’. Situs jejeraing sosial itu kemudian mengkonfirmasi bahwa cacat kemananan yang terjadi itu disebabkan oleh pemasukan kode baru pada laman Facebook dan hanya bisa ‘live’ dalam hitungan waktu yang sangat terbatas.

Namun dengan adanya kejadian diatas maka tetap saja banyak orang yang masih khawatir mempertanyakan keamanan akun Facebook mereka. Masih ada pemikiran bahwa jangan-jangan data rahasia pribadi atau bahkan informasi rekening Anda (jika Anda beriklan di FB) jatuh ke tangan yang tak bertanggung jawab. Senior sistem keamanan Facebook Mike Geide mengklaim bahwa sistem keamanan yang ada di Facebook dari tahun ke tahun semakin baik dan teruji namun demikian dia juga mengakui masih ada ruang yang perlu diperbaiki.
Nah, tak ada salahnya kan kita berjaga-jaga untuk menjaga keamanan akun Facebook kita sendiri. Mau tahu caranya? Berikut tips menjaga keamanan Facebook sehingga Anda semakin terjaga di tahun baru 2012 ini.
1. Gunakan selalu SSL Encryption
Dimasa lalu Facebook menggunakan HTTPS–Hypertext Transfer Protocol Secure–ketika Anda memasukan password di laman ini. Hal yang sama terjadi saat Anda belanja online atau menggunakan internet banking. Hal ini ditandai dengan adanya gambar gembok dibagian jendela browser Anda atau adanya perubahan warna hijau. Kini Facebook menerapkan SSL Encryption untuk semua browsing yang berlaku dihalaman websitenya, oleh sebab itu jika suatu saat nanti Anda sedang mengakses FB lewat warnet, coffee shop, atau PC maka aktifkanlah fitur ini.

Caranya adalah login ke Facebook Anda kemudian dibagian ‘Account Setting’ pilihlah ‘Security’. Akan ada pilihan ‘Secure browsing’, lalu pilih ‘Edit’ dan centang pilihan tersebut dan jangan lupa klik ‘Save’ untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.
2. Waspadalah terhadap semua informasi yang telah Anda bagikan
Informasi pribadi yang Anda cantumkan di bagian ‘Profile’ akun FB Anda tampaknya tidak membahayakan bagi diri Anda, tapi jangan salah hal-hal kecil bisa saja malah berguna bagi hacker. Sebagai contoh informasi tanggal lahir Anda, bukankah kebanyakan orang banyak yang menggunakan pasword berupa tanggal lahir atau kombinasinya. Dengan menjaga informasi ini secara tertutup akan lebih bisa menjaga keamanan Anda

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menghidupkan fitur dimana hanya Anda dan teman Anda yang bisa mengetahui dimana Anda berada. Biasanya informasi tempat keberadaan Anda dalam suatu waktu tertentu dipergunakan oleh spamer untuk memulai percakapan seperti, ‘hi, saya bertemu Anda di XYZ minggu kemarin’. Untuk menggunakan fitur ini maka pergilah kehalaman ‘Privacy Settings’ kemudian pilih ‘Edit Settings’ dan “How Tags Work’ pilih ‘On’ dan jangan lupa klik ‘Save’.
3. Gunakan Aplikasi dan Game secara terpisah
Dulu ada kejadian dimana dari sebuah aplikasi orang bisa meng-hijack akun FB Anda. Sejak saat itu Facebook kemudian menetapkan sebuah protokol baru bagi penggunanya yang ingin mendownload sebuah aplikasi, salah satunya adalah dengan menggunakan ‘App Password’.
App Password adalah sebuah aplikasi yang akan memberikan pasword sekali pakai pada saat Anda akan mendownload sebuah aplikasi, tanpa harus memberikan pasword FB Anda. Dengan cara ini maka pasword akun Facebook Anda tidak terkuak dan akun Anda pun menjadi lebih aman.

Untuk bisa menggunakan App Password maka pergilah ke bagian Account Settings lalau pilih ‘Security’ dan App Password. Cara lain adalah selalu gunakan aplikasi dari sumber yang benar-benar terpecaya.
4. Jangan lupa selalu ‘log out’ jika Anda selesai menggunakan FB
Lupa untuk log out adalah salah satu kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh para pengguna FB. Saya pernah mengerjai teman saya dengan menulis di dinding akun FBnya tulisan, ‘mhmmm lagi pingin ngemut neh…..’ karena di alupa untuk melakukan sign out setelah masuk ke Fbnya. Untung saya orang baik sehingga saya tak mendownload informasi pribadinya.
Jika Anda sering lupa untuk selalu log out maka ada satu tips yang bisa melakukan log out otomatis dengan mengaktifkan menu ‘Active Sessions’. caranya adalah pergi ke halaman ‘Account Settings ‘ lalu pilih ‘Security’ dan “edit’ lalu periksa dibagian ‘Active Sessions’.

Selamat mencoba!

[ADS] Bottom Ads

Pages

Copyright © 2021